jump to navigation

Jebakan Sahabat January 5, 2008

Posted by dianika wardhani in Catatan Kecil.
trackback

Judul itu saya peroleh pada saat saya ngobrol dengan seorang kawan baru di kantor. Smart guy, I think.. Saya bilang ia orang pinter. Ia meresponsnya dengan kalimat yang bijak..jangan begitu, itu adalah jebakan sahabat. Hmmm…. istilah apalagi itu??

 

Ia bilang.. sahabat yang memuji sahabatnya adalah tanpa disadari memberikan jebakan. Jebakan bernama pujian. Pujian itu menyeret seseorang ke kesombongan. Dan itu tidak baik.

Hmm I think so. Memang benar sih, respons reflek seseorang ketika dipuji adalah senang. Lalu ia akan merasa bisa. Lalu ia merasa more dibanding dengan yang lain. Lalu ia bisa meremehkan orang lain. Jadilah ia sombong…

Wah wah… segitunya ya… Jadinya,… kita nggak boleh memuji orang nih??

 

Advertisements

Comments»

1. Guntar - January 14, 2008

Ndak bisa digebyah uyah gitu dunk. BUkan sahabat namanya klo blas ndak pernah memuji atau enggan utk memuji. DI antara yg lain, harusnya sahabat lah yg lebih dulu memuji ketimbang yg lain. Sama juga, harusnya sahabat yg lebih dulu mengkritik ketimbang yg lain.

Kita tau bhw pujian bisa menaikkan self-esteem seseorang. Dan itu bagus bagi ybs agar dia bisa meneruskan perbuatan baiknya. Saya pasti enggan klo ada orang yg ngajak sahabatan tapi dia pelit pujian dan penghargaan.

Plis jangan salah kaprah dg istilah Jebakan Pujian. Jangan artikan semua pujian sbg jebakan. Jangan2 ntar memuji anak dan pasangan hidup juga dianggap salah. Ndak boleh kita mengharamkan apa2 yg aslinya halal & berpahala.

Yg penting kan gimana cara kita memuji, jangan sampe kita membuat sahabat kita lupa bersyukur dan tak tahu diri di hadapan Sang Maha Mulia. Dan jangan memuji sedemikian rupa sehingga menjadika yg dipuji jd congkak dan enggan terus berkembang. Selain dari itu, memuji itu bisa membuat sahabat senang. Dan bukankah itu sebuah kebaikan yg berpahala?

😛

btw, mbak Dian. Saya skr pindah rumah. bukan di bintangtauladan lagi 🙂

2. dianika - January 14, 2008

Sekedar judul kok, Mas 😀
saya juga sepakat klo jenengan bilang begitu
bahwa sebuah pujian bisa menjadi salah satu cara mendongkrak kepercayaan diri seseorang 😀

terima kasih .. sudah saya ubah kok, alamat rumahnya 😀

3. imel. - March 11, 2008

pujian bukan berarti jebakan, tapi bisa juga suatu motivasi
yang sampe terjebak adalah mereka yang lemah iman hingga mencapai kekufuran apalagi kufur nikmat

ih…..ga deh…
(Nauzubillah….

4. Titin - May 10, 2008

tergantung sich bagaaimana pujian itu sendiri,jika masih wajr2 sich itu bukan jebakan melainkan kekagumn pada kelebahn yang dia miliki,,, dan secara tidk sadr kita juga termotivasi untuk lebh baik lagi,,,,jangan dilihat dr segi negatifnya dulu donk kita hars positif thinking itu kan jadi lbh baik n nyaman


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: