jump to navigation

Cara Jitu Enjoy di Tempat Baru November 1, 2007

Posted by dianika wardhani in Catatan Kecil.
trackback

Tempat baru yang saya maksud kali ini bukan pekerjaan. Akan tetapi, perjalanan jauh dengan tempat tinggal kita. Dan mau nggak mau kita dipaksa untuk tinggal di sana dalam kurun waktu tertentu.

Misalnya jika kita mendapat tugas dari kantor untuk mengikuti konferensi di tempat yang jauh, atau jika kita kebetulan berkesempatan jalan-jalan ke tempat yang jauh.

Nah saat itu diperlukan kiat tersendiri untuk mengelola waktu. Jika kita tak pandai mengaturnya, alih-alih malah kesengsaraan yang didapat.

Nah, beruntung deh saya bertemu dengan seorang Ustadz yang enak banget kalau diajak diskusi. Namanya Ustadz Dian Nafi’. Dari Pengasuh Pondok Pesantren Al Muayyad, Windan, Surakarta, saya jadi tahu tentang fase-fase yang pastinya dialami oleh banyak orang saat mengalami perjalanan jauh. Pak Nafi’ juga menyarankan agar barang-barang yang lekat dengan kampung kelahiran tak lupa dibawa. “Satu saat akan ada gunanya,” kata alumnus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tersebut.

Barang-barang dimaksud adalah teh lokal, kopi, bahkan terasi. “Jangn juga kelewat dermawan, sebelum Anda menyesal…” tambahnya.

Nah dalam perjalanan jauh itu ada empat fase yang akan dialami oleh seseorang :

  1. Exciting

Pada fase ini, segala hal yang berbeda di tempat baru itu terlihat sangat indah. Semuanya menarik. Saat inilah waktu tepat untuk mengambil gambar. Angle atau sudut yang terambil pasti sangat bagus karena memang Anda sangat menikmatinya.

Tetapi sangat disarankan untuk tidak lupa diri  alias forsir habis-habisan tenaga. Ingat Anda harus menyimpan tenaga untuk kegiatan yang lain.

 

  1. Jet lag

Pada fase ini, semua yang ada di hadapan Anda menjadi memuakkan. Semuanya yang ada tak lagi menarik. Bosan pun menghinggapi Anda. Saat ini sebaiknya Anda pandai menjaga diri. Jangan sampai meledak-ledak hingga kemudian melakukan sesuatu yang membuat orang lain khususnya oranng setempat tersinggung.

 

  1. Homesick

Saat ini, Anda akan merasakan luar biasa pada tanah kelahiran Anda. Saat ini pula, barang-barang bawaan Anda akan berguna. Kerinduan Anda akan sangat terobati dengan adanya barang-barang tersebut.

 

  1. Stable

Nah..ini saat paling aman. Saat ketika Anda sudah sampai pada tataran kerasan di tempat baru tersebut. Apa sih tanda-tandanya orang yang kerasan?

Mudah saja. Ketika orang itu mulai berbelanja dengan suka gembira. Ia tak lagi mampu mengendalikan dirinya. Ia tak lagi berpikir panjang.

Nah, lihatlah… kebanyakan akan merasa kebingungan saat akhir perjalanan. Kebingungan mengatur bawaan. Jadi, ada baiknya Anda jangan berlaku sok ringkes. Bawalah apa yang sekiranya akan sangat bermanfaat bagi Anda di tempat tersebut.

 

Begitulah.. Semoga bermanfaat!!

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: