jump to navigation

Persahabatan itu Mahal.. May 18, 2006

Posted by dianika wardhani in Curhat.
trackback

Saya tahu betul tentang itu. Saya semakin menyadarinya beberapa waktu lalu. Bahwa persahabatan harus tetap mengindahkan peraturan masing-masing individu yang terlibat dalam jalinan bernama persahabatan itu. Saat itu saya terbentur dengan pelanggaran aturan.

 

Aturan yang seharusnya saya sadari sejak semula. Padahal sahabat saya itu pernah mengutarakan dalam kalimat lain. Hanya saya kurang cerdas menangkapnya.Akibatnya saya harus menanggung sebuah konsekuensi. Ia menarik diri dari posisi sebagai sahabat. Bahwa ia sudah memaafkan saya. Tetapi ia butuh waktu untuk kembali menempatkan saya sebagai sahabatnya. Entah sampai kapan. Setidaknya itu persepsi saya.Saya sudah – atau – lebih tepatnya berusaha – siap menerima konsekuensi tersebut. Karena toh itu karena kesalahan saya. Bagi saya, itu sudah jadi pilihannya. Itu pilihan terbaik buat dia. Yang terpenting ia merasa begitu, itu sudah lebih dari cukup buat saya. Asal ia tidak lagi marah. Asal saya tidak melihat kesedihan lagi di matanya. Sekali lagi itu cukup buat saya. Kadang kita, termasuk saya, berpikir bahwa orang lain harus mengikuti aturan saya. Bahwa saya lebih suka ditunjukkan letak kesalahan saya. Ternyata tidak semudah itu. Tidak setiap orang bisa menyampaikan secara eksplisit. Ada beberapa orang menyampaikan hal itu lewat perumpamaan, dan sebagainya. Sekali lagi saya belajar tentang bagaimana menghargai zona ekonomi eksklusif seseorang. Sekali lagi saya belajar bagaimana tidak terlalu jauh memasuki wilayah pribadi seseorang. SEkali lagi saya belajar bagaimana memaknai sebuah persahabatan. Bahwa seseorang membutuhkan waktu panjang untuk mendapatkan sebuah kepercayaan tetapi hanya menempuh waktu beberapa saat saja untuk menghancurkannya. ” Semoga kalimat itu tidak terjadi pada saya…,”doa saya dalam hati. Amin.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

