jump to navigation

Bertapa di Gua yang Benar February 16, 2006

Posted by dianika wardhani in Curhat.
trackback

Kalimat itu saya dapat dari rekan sekantor saya beberapa waktu lalu. Sederhana sekali. Ada kelanjutan kalimat itu. Bertapa di gua yang tepat, dan mengabdi di kerajaan yang tepat. Sekali lagi sebuah kalimat yang sangat sederhana. Tetapi jika dipahami, betapa dalam.

 
Bisa jadi ia merasa terganggu dengan sikap saya yang nyaris berada di tengah keputus-asaan. Kemudian ia meminta saya menceritakan segala aktivitas keorganisasian yang pernah saya ikuti. juga pekerjaan yang pernah saya lakukan. Ujung-ujungnya seperti itu. Saya diberi masukan kalimat itu.
Yah memang jika dipikir-pikir, hidup ini juga sederhana saja kok. Semuanya sudah sesuai garis. Kalau kita mau berusaha maksimal, maka Allah akan memberikan hasil sesuai usaha tersebut.
Sementara jika bertapa, saya melihatnya sebagai satu bentuk refleksi diri. Kita bisa berlomba dengan diri sendiri. Memberikan satu yang terbaik sebagai bentuk penghargaan atas diri kita sendiri. Lain sisi, kita juga bisa menjadikan teman yang lain sebagai cermin. Paling tidak untuk evaluasi diri. Atau juga teman untuk berbagi. Dengan begitu kita dapat mewujudkan harapan orang lain.
Mengabdi di kerajaan yang tepat. Kata mengabdi menyaran pada arti memberikan yang terbaik sehingga kita benar-benar mampu menjadi bagian tidak terpisahkan dari sesuatu bernama perubahan. Itu akan menjadi bagian dari masa lalu kita. Dengan demikian akan menciptakan sejarah bvagi diri kita sendiri.
Allah, terima kasih. Saya kini benar-benar merasa berada di antara para makhluk-Mu yang terpilih. Semoga saya bisa terus menjadi bagian keseharian mereka. Terima kasih juga untukmu, Rekanku. Semoga sukses senantiasa meluingkupi langkahmu.

Comments»

1. sudarsana - September 9, 2010

sama mau bertapa dimana pun ….tapi caranya blom begitu memahami … bagai mana ya caranya bisa dijelaskan ngka ya …


Leave a Reply

