jump to navigation

Bukan Superman atau Superwoman January 27, 2006

Posted by dianika wardhani in Curhat.
trackback

Saya memiliki seorang sahabat. Saya bersyukur sekali berkesempatan memiliki sahabat sepertinya. Ia ada nun jauh berada di ibukota Jawa Tengah.
Telah demikian banyak dialog antara kami. Bertimbun, pelajaran atau sekadar peringatan darinya untuk saya. Salahsatu kalimatnya yang demikian berkesan buat saya adalah,”Kamu bukan Superwoman,Dee!”
Kalimat sederhana itu selalu terlontar saat saya sibuk luar biasa, sejak dari kegiatan kemahasiswaan (meski dulu kami tidak pernah sekampus), hingga saat ini kami sama-sama bekerja.

 
Sekilas memang kalimat sederhana. Karena bisa jadi arti kalimat itu tidak jauh dari fisik saya yang tidak kuat. Kalau terlalu terforsir maka bisa jatuh sakit. Saat saya utarakan hal itu kepadanyam ia hanya tersenyum. “Coba kamu pikir lagi,” katanya singkat.
Akan tetapi lain waktu, saat saya coba merenungkan kalimat itu. Bisa jadi terjemahan bebasnya seperti ini. Kita boleh saja menenggelamkan diri di antara tumpukan aktivitas.

Kita boleh saja serius hingga dahi berkerut. Tetapi kita mesti ingat dengan kondisi kita. Kondisi diri kita, fisik dan psikologis, tidak bisa sehebat sesuai keinginan. Masih juga ada keterbatasan.
Satu ketika memang kita mampu mengatasi suatu persoalan. Akan tetapi bisa jadi lain waktu kita akan kesulitan mengatasi sebuah persoalan. Atau mungkin kita telah mengetahui jalan keluarnya, hanya kita bingung memulai langkah. Saat itulah, betapa kita membutuhkan kehadiran teman atau sahabat. Bukan untuk memecahkan masalah. Akan tetapi sekadar berbagi. Kadang kita membutuhkan seseorang untuk membantu mengurai benang kusut alam pemikiran kita. Atau yang mungkin lebih sepele lagi, kita membutuhkan orang yang bisa mendengarkan kita.
lepas dari itu semua, ada kekuatan mahadahsyat di luar diri kita. Dia-lah pemilik kekiatan itu. Hanya kepada-Nya kita bisa jujur. Hanya kepada-Nya kita berserah diri. Sekali lagi, saya, kita, bukan superman atau superwoman!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

